Telphone: 0000

Email: admin@indohse.web.id

CB Online

Manajemen Resiko

Written by Admin

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Banyak industri yang memiliki karyawan ratusan bahkan ribuan yang bisa saja tersebar di beberapa lokasi kerja, sementara personil K3 tidak sampai sepuluh orang. Bagaimana kita menyiasati hal ini agar semua informasi tentang K3

bisa sampai kepada setiap pekerja?  Untuk itu kita memerlukan sarana komunikasi yang efektif, lalu bagaimana kita bisa memilih komunikasi yang efektif agar informasi  dapat lengkap, akurat, sesuai dan berkualitas kepada seluruh karyawan sesuai dengan bidang kerja masing-masing?
Sebelum kita merancang metode komunikasi yang efektif,  perlu kita identifikasi dulu kemungkinan penyebab komunikasi yang tidak efektif sebagai misal:

  1. Waktu yang tidak tepat dalam pemberian informasi.
  2. Pemisahan khusus yang terjadi misalnya area kerja yang terpisah wilayah.
  3. Kelompok kerja yang bervariatif, misalnya dari segi bahasa, budaya dan jenis pekerjaan.
  4. Tingkat konflik yang berbeda-beda antara organisasi, staff,petugas tehnis dan manajemen.


Dengan teridentifikasinya penyebab selanjutnya adalah memilih metode penyampaian komunikasi yang efektif dilihat dari persentase diterimanya hasil komunikasi antara lain:

10% jika informasi  diterima melalui membaca.
20% jika informasi diterima melalui mendengar.
30% jika informasi diterima melalui melihat.
50% jika informasi diterima melalui melihat dan mendengar.
70% jika informasi diterima melalui percakapan.
90% jika informasi diterima melalui orang kerjakan dan katakan.
Dari kemungkinan penyebab dan metode persentase diterimanya hasil komunikasi maka kita bisa memilih metode

komunikasi yang lebih  efektif , misalnya :

  1. Publikasi ( lesson learn, safety alert), dapat dipasang diarea strategis yang dapat dibaca oleh semua pekerja.
    Poster dan sign,  metode ini dapat dipasang di daerah berbahaya ataupun sebagai penunjuk arah. Ini digunakan untuk memberikan informasi menganai jenis bahaya yang ada.
  2. Slide dan diskusi, digunakan untuk suatu grup tertentu yang sesuai dengan jenis pekerjaan misalnya pada saat pelatihan ataupun daily safety meeting/toolbox meeting.

Film atau video, digunakan untuk suatu topik tertentu sebagai misal untuk bahan training,  ataupun untuk daily manajemen meeting.
Pemilihan metode komunikasi yang efektif  akan memberikan output berupa peningkatan kepedulian pekerja terhadap bahaya dan antisipasinya, merubah prilaku, menanamkan informasi-informasi K3 yang update kepada pekerja.

Bagaimana ditempat anda???

Add comment


Security code
Refresh

Category: